Selasa, 07 Desember 2021
Jumat, 26 Nov 2021, 00:33:39 WIB, 17 View Administrator, Kategori : Berita Daerah

Sungailiat - Tim penilai Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) dari Badan Pusat Statistik (BPS) mengunjungi Desa Karya Makmur yang masuk dalam 15 kandidat penerima Award Desa Cantik tingkat nasional, Selasa (23/11/21).

Kunjungan ini merupakan visitasi dan ground check pada Desa Cantik terpilih untuk dievaluasi menjadi 10 desa penerima Award Desa Cantik pada awal Desember 2021 ini.

Tim penilai berasal dari Badan Pusat Statistik (BPS) Republik Indonesia (RI), DR. Ahmad Riswan dan Dina Rizkiani serta didampingi oleh perwakilan Kementerian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Republik Indonesia (RI).

Pada kesempatan tersebut, DR. Ahmad Riswan menyampaikan Desa Karya Makmur yang memenuhi standarisasi menjadi Desa Cantik dapat menjadi modal utama memperkuat tonggak pembangunan Pemerintah Daerah.

"Program Desa Cantik ini adalah program pemerintah melalui BPS. Jadi untuk memperkuat Pemerintah itu harus diperkuat lewat Pemerintah Desa dulu, untuk memperkuat pemerintah Desa ya datanya harus kuat," imbuh Ahmad.

Ditambahkan Ahmad, upaya ini selain sebagai tolak ukur komitmen nyata pihak Desa, juga sebagai momentum Pemerintah dalam menabur manfaat khususnya terkait pemberian pelayanan kepada masyarakat setempat nantinya.

"BPS hadir di tengah Pemerintah Desa untuk bersama-sama membangun, sama-sama memberi manfaat untuk masyarakat," tukas Ahmad Riswan.

Sebagai bentuk dukungan segenap Oraganisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Bangka serta seluruh jajaran terkait turut melakukan penandatanganan dukungan kepada Desa Karya Makmur.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BPS Kabupaten Bangka, Dewi Safitri, menambahkan pihaknya akan berkolaborasi dengan Dinpemdes Kabupaten Bangka untuk melakukan serangkaian upaya dalam menyukseskan program Desa Cantik ini.

"Kita akan tetap bekerjasama dengan leading sektor melalui Dinas terkait dalam hal ini. Langkah pembinaan kita lakukan agar pihak Desa mengerti secara sistematis mekanisme dari pengolahan data secara statistik," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Dinkominfotik) Kabupaten Bangka, Boy Yandra, SKM, MPH, menyampaikan ucapan selamat serta apresiasi mendalam atas masuknya Desa Karya Makmur ke dalam 15 besar dari 100 Desa se Indonesia yang kemudian akan dikerucutkan menjadi 10 besar. Dirinya optimis atas sinergitas seluruh elemen dapat menyukseskan tuaian prestasi ini.

"Jadi untuk Desa Karya Makmur yang Alhamdulillah masuk 15 besar dan akan dikerucutkan menjadi 10 besar tentu kita optimis akan hal ini," tutur Boy saat diwawancarai bangka.go.id disela-sela kesibukannya.

Untuk itu Boy Yandra berharap Desa Karya Makmur menjadi percontohan bagi seluruh Desa yang ada di Kabupaten Bangka sehingga mendorong laju pertumbuhan pembangunan di Bumi Sepintu Sedulang.

"Harapkan kami agar Desa-Desa lain dapat berkiprah seperti Desa Karya Makmur sehingga masyarakat dapat dengan mudah membutuhkan data valid dari aparat Desa. Hal ini tidak terlepas dari peran serta dari kontribusi BPS Kabupaten Bangka," pungkas Boy.





Tuliskan Komentar